07 September 2008

Generasi 1G

Generasi pertama atau 1G adalah generasi awal teknologi mobile yang menggunakan system analog. Teknologi ini mulai digunakan pertama kali tahun 1970 yang diawali penggunaan mikroprosesor untuk teknologi komunikasi. Pada tahun 1971, jaringan ponsel pertama kali dibuka di Finlandia bernama ARP. Menyusul kemudian NMT (Nordic Mobile Telephone) di Skandinavia tahun 1981 dan AMPS (Advance Mobile Phone System) pada tahun 1983. NMT merupakan jaringan analog yang pertama kali digunakan secara internasional di Eropa Utara. Jaringan ini beroperasi pada frekuensi 450 MHz sehingga disebut NMT-450, ada juga NMT-900 yang beroperasi pada frekuensi 900 MHz.

Penggunaan teknologi analog pada generasi pertama menyebabkan banyak keterbatasan yang dimiliki seperti kapasitas trafik yang kecil, sedikitnya jumlah pelanggan yang dapat ditampung dalam satu sel, dan penggunaan spectrum frekuensi yang lebih boros. Generasi pertama ini menggunakan teknik komunikasi yang disebut Frequency Division Multiple Access (FDMA). Teknik ini memungkinkan untuk membagi alokasi frekuensi pada suatu sel untuk dipakai masing-masing pelanggan di sel tersebut, sehingga setiap pelanggan yang melakukan pembicaraan memiliki frekuensi sendiri. Generasi pertama ini hanya bisa untuk komunikasi suara.

1 comment:

Unknown said...

thanks for the information that has been conveyed , very interesting. Salam Obat Untuk Diabetes | Obat Kelenjar Getah Bening | Cara Pemesanan Ace Maxs